Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Melaksanakan Keterampilan Dasar Mengajar melalui Supervisi Kelas dan Pembimbingan Model FGD

Authors

  • Ade Dasmana SMPN 1 Rajapolah Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1059

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan meningkatkan kompetensi profesional guru PAI dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar melalui supervisi kelas dan pembimbingan model FGD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Rajapolah. Subjek dari penelitian ini adalah Guru PAI. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa peran kepala sekolah sebagai pembina di sekolah sangat penting dalam membantu guru-guru pada peningkatan kualitas kompetensi profesionalnya. Pendampingan model FGD pasca pembelajaran yang dilakukan peneliti selaku kepala sekolah terhadap guru-guru telah membantu mendorong guru-guru pada pemahaman yang baik tentang delapan keterampilan dasar mengajar sehingga nilai pengamatan, baik secara individu maupun secara kelompok meningkat. Hal ini disebabkan dalam proses pembimbingan, guru-guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menunjukkan keseriusannya dan memanfaatkan kepala sekolah sebagai pembimbing pembelajaran dan narasumber yang diyakini akan membantu guru-guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai guru pembelajar.

Published

2022-10-13

How to Cite

Dasmana, A. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI dalam Melaksanakan Keterampilan Dasar Mengajar melalui Supervisi Kelas dan Pembimbingan Model FGD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4530-4536. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1059