Pemanfaatan Big Data Bagi Praktisi Public Relations Pertamina Regional Sulawesi

Authors

  • Indriani Dewi Resky Ananda Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Muh. Iqbal Sultan Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Sudirman Karnay Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Hasanuddin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan big data bagi praktisi humas di Pertamina regional Sulawesi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, jurnal, dan media informasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Analisis data menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan big data bagi praktisi humas di Pertamina regional Sulawesi adalah sebagai berikut; Big data digunakan untuk media monitoring, big data menentukan sentimen perusahaan dan mengidentifikasi pesaing perusahaan, dan berita perusahaan yang mampu big data. Penelitian ini didasarkan pada teori strukturasi adaptif, yang mengkaji keberadaan teknologi informasi baru dalam suatu perusahaan atau organisasi berdasarkan struktur perusahaan. Dengan big data ini, praktisi humas di Pertamina regional Sulawesi dapat memanfaatkan teknologi big data untuk pekerjaan yang lebih cepat dan mudah.

Published

2022-11-01

How to Cite

Ananda, I. D. R., Sultan, M. I., & Karnay, S. (2022). Pemanfaatan Big Data Bagi Praktisi Public Relations Pertamina Regional Sulawesi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4803-4806. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1074