Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Ekonomi dengan Metode Problem-Based Learning di Madrasah Aliyah Al-Syaf Takhir

Authors

  • Fatihatul Faidah Guru Ekonomi, Madrasah Aliyah Al-Syaf Takhir Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Guru dapat meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran Ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Al Syaf Takhir; (2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode Problem-based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi pada peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Al-Syaf Takhir Dompu. Metodologi penelitian PTK ini dilakukan melalui dua siklus untuk melihat peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi melalui pembelajaran Problem-Based Learning. Berdasarkan deskripsi penelitian dan hasil penelitian yang sudah disajikan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa kelas X Ma Al-Syaf Takhir dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan rata-rata prestasi belajar, peningkatan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II yaitu dari nilai rata-rata 66 menjadi 84. (2) Meningkatnya kategori nilai sangat tinggi juga meningkat dari 5 anak menjadi 12 anak. Berdasarkan dari hasil pembahasan dan data penelitian dapat di peroleh Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran EKONOMI pada materi konsep dasar ilmu ekonomi dikelas X MA Al Syaf Takhir Dompu. Kesimpulan ini diambil berdasarkan pada hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus penelitian. Peningkatan nilai rata rata kelas dari siklus 1 ke siklus II meningkat dari 66 Menjadi 84. Nilai rata-rata pada siklus II Kategori Nilai sangat tinggi siswa meningkat dari 5 siswa menjadi 12 siswa. Prestasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dari kreteria ketuntasan minimal (KKM) Sebesar 100%.

Published

2022-10-21

How to Cite

Faidah, F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Ekonomi dengan Metode Problem-Based Learning di Madrasah Aliyah Al-Syaf Takhir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4571-4576. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1112