Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Akiko Suhana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Krisma Widi Wardani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan media diorama berbasis audiovisual pada pembelajaran IPS materi tindakan heroik mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan dimensi bergotong royong. Jenis penelitian ini adalah Research and Development atau R&D, dan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan melalui studi pustaka dan survei lapangan dalam bentuk observasi dan wawancara ditemukan informasi bahwa terdapat keterbatasan media pada pembelajaran IPS yang berakibat turunnya perhatian peserta didik yang menjadikan kelas tidak kondusif dan terjadi pertikaian. Dari masalah tersebut maka dilakukan pengembangan media dengan Langkah awal penyusunan draft produk yang meliputi: (1) perancangan media diorama, (2) analisis materi, (3) persiapan lembar kerja peserta didik. Tahapan berikutnya dilakukan uji ahli media dan uji ahli materi. Hasil analisis data pada uji t bahwa media diorama berbasis audiovisual layak digunakan pada materi peristiwa heroik mendukung Proklamasi kemerdekaan. Dengan presentase uji validitas ahli media 81,5% dan uji validitas ahli materi 79,7%. Dalam implementasinya pembelajaran ini menarik perhatian peserta didik sehingga memberikan gambaran nyata akan pentingnya bergotong royong sebagai implementasi dari Profil Pelajar Pancasila. Pengembangan media diorama berbasis audiovisual juga sebagai solusi alternatif untuk mengatasi keterbatasan media pada pembelajaran IPS.

Published

2022-12-01

How to Cite

Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5289-5295. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1202