Systematic Literatur Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika

Authors

  • Iir Amelia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Abdul Fatah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1281

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Dengan motivasi belajar yang dimiliki seorang siswa, akan membuat siswa semakin kritis untuk menghadapi suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan kemampuan literasi matematis yang ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 22 artikel jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari google scholar, Sinta, jurnal internasional Saintis Publishing. Dari penelitian ini didapat bahwa motivasi belajar matematika mempunyai peranan penting terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Siswa yang motivasi belajar matematika nya rendah cenderung akan belajar dengan terpaksa dan akan berakibat terhadap rendahnya kemampuan literasi matematis siswa karena siswa tersebut cenderung mengerjakan soal dengan procedural tanpa menganalisa permasalahan dan jawabanya.

Published

2023-02-01

How to Cite

Amelia, I., Pujiastuti, H., Fathurrohman, M., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2023). Systematic Literatur Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 811-818. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1281