Analisis-Meta Penerapan Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika

Analisis Meta

Authors

  • Awaliyah Septiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Syamsuri Syamsuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Novaliyosi Novaliyosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1289

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian analisis meta yang dilakukan berdasarkan data penelitian-penelitian yang telah telah dilakukan terdahulu (data sekunder), dengan tujuan untuk mengetahui ukuran efek dari beberapa penelitian tersebut, yaitu penerapan pendekatan metakognitif dalam pembelajaran matematika. Studi primer yang digunakan sebanyak 10 studi terseleksi dari 29 studi yang diperoleh melalui laman https://sinta.kemdikbud.go.id/ dengan kategori sinta 1 sampai dengan sinta 4. Karakteristik studi yang digunakan dalam penelitian ini dibagi dalam empat kategori, yaitu tahun penelitian, jenjang pendidikan, variabel terikat yang diukur, serta ukuran sampel yang digunakan. Penelitian analisis meta ini menunjukkan hasil bahwa penerapan metakognitif dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pengaruh terhadap beberapa hal berkaitan dengan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran matematika, seperti prestasi belajar matematika, kemampuan pemahaman matematika, minat belajar, kemampuan bepikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian, serta kemampuan penalaran matematika.

Published

2023-02-01

How to Cite

Septiani, A., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis-Meta Penerapan Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika: Analisis Meta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 744-752. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1289