Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis melalui Bermain Sains pada Peserta Didik Kelompok B di TK Strada Bhakti Utama

Authors

  • M.W. Noviyanti Program Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Emawati Dwi Winarsih Program Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Angela Winarsih Program Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1291

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur validitas, reliabilitas serta normalitas instrumen penelitian serta mengukur kemampuan berpikir kritis melalui bermain sains pada peserta didik kelompok B. Peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara kepada 38 peserta didik di TK Strada Bhakti Utama. Validitas data diukur dengan rumus Chi square untuk mengetahui validitas item pertanyaan observasi. Untuk reliabilitas data diukur dengan cronbach alpha. Dalam analisis data menggunakan statistik. Terdapat 11 pertanyaan yang valid karena rhitung lebih besar dari rtabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kelompok B 1 sebesar 38,07, standar deviasi sebesar 74,95 dan rata-rata kelompok B 2 sebesar 34,67, standar deviasi sebesar 89,44. Kedua data berdistribusi normal akan diuji apakah ada perbedaan mean antara kelompok B 1 dan B 2. Thitung yang diperoleh adalah 0,579232 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,76131 maka diperoleh kesimpulan terima H1. Artinya rata-rata berpikir kritis bermain sains lebih besar daripada rata-rata tidak bermain sains. Setelah melakukan uji mean untuk melihat rata-rata berpikir kritis bermain sains dan rata-rata berpikir kritis tidak bermain sains, ternyata hasil analisis data rata-rata berpikir kritis bermain sains berada di angka 38,07 sedangkan rata-rata berpikir kritis tidak bermain sains berada di angka 34,67. Maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui bermain sains lebih tinggi dibanding kemampuan berpikir kritis peserta didik tidak bermain sains. Oleh karena itu disarankan agar pembelajaran berpikir kritis dilakukan dengan bermain sains karena anak dengan bermain sains dapat lebih berpikir kritis dengan baik.

Published

2023-02-01

How to Cite

Noviyanti, M., Winarsih, E. D., & Winarsih, A. (2023). Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis melalui Bermain Sains pada Peserta Didik Kelompok B di TK Strada Bhakti Utama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 916-920. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1291