Perbandingan Hasil Belajar Connected Mathematics Project (CMP) dengan Pembelajaran Konvensional Pada Pokok Bahasan Geometri

Authors

  • Asmedy STKIP Yapis Dompu

Abstract

Oleh karena itu, dalam membelajarkan matematika kepada siswa, digunakan model pembelajaran terpadu Connected Mathematics Projects sehingga siswa turut aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan dan hasil belajar mana yang baik antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Connected Mathematics Project dengan model pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan geometri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Donggo di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu, satu kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran Connected Mathematics Project dan satu kelas kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil pre-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung < Z tabel yaitu 0,31 < 1.96. Dari hasil post-test diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z hitung Z tabel yaitu 2,26 > 1,96, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai Z hitung Z tabel yaitu 2,26 > 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Connected Mathematics Project (CMP) dengan pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Geometri di kelas X SMA Negeri 3 Donggo tahun pelajaran 2018/2019. Dan hasil belajar Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik dari pada Pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Geometri di kelas X SMA Negeri 3 Donggo tahun pelajaran 2018/2019.

Published

2020-03-31

How to Cite

Asmedy. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Connected Mathematics Project (CMP) dengan Pembelajaran Konvensional Pada Pokok Bahasan Geometri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 456-464. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/131