Peran Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1314Abstract
Tujuan penelitian: (1) Mengetahui pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru (2) Mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, (3) Mengetahui pengaruh peran kepala sekolah dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja guru di SMP Sub Rayon 03 Kabupaten Pekalongan. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 135 guru SMP di Sub Rayon 03 Kabupaten Pekalongan dan dipilih sampel 101 guru secara proporsional random sampling. Analisis data menggunakan analisa deskriptif serta uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan program SPSS Windows 26. Hasil penelitian menunjukkan: skor rata-rata kinerja guru adalah 114,35 dipersepsikan cukup baik, skor rata-rata peran kepala sekolah adalah 124,80 dipersepsikan cukup baik, skor rata-rata budaya organisasi adalah 120,36 dipersepsikan cukup baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan (1) pengaruh peran kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru sebesar 71,5%. (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 66,1%. (3) pengaruh peran kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru 54,8%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Kepala sekolah meningkatkan perannya sebagai manajer, supervisor dan sekaligus motivator bagi guru. (2) Guru harus dapat meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kinerja guru. (3) Kepala Dinas memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti kegiatan diklat.