Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1317Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan supervisi akademik Kepala sekolah SD N 01 Wisnu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menyusun fakta-fakta lapangan menjadi proporsu dan prinsip-prinsip. Analisis data disusun secara sistematis dan informatif untuk mencapai kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan supervisi akademik sekolah dasar dapat meningkatkan kinerja guru. Pelaksanaan supervisi dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pada akhir setiap semester. Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dimulai dengan supervisi administrasi dan dilanjutkan dengan supervisi pembelajaran yang nantinya akan diamati oleh kepala sekolah untuk dievaluasi. Tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan supervisi meliputi: (1) diadakannya bimbingan teknis atau bimtek; (2) diadakannya pendidikan dan pelatihan atau diklat; (3) diadakannya workshop untuk meningkatkan profesionalisme guru; dan (4) diadakannya Kelompok Kerja Guru atau KKG untuk membahas permasalahan yang dihadapi oleh guru. Berdasarkan hasil supervisi, kemampuan guru SD N 01 Wisnu sudah sesuai dengan pedoman mengajar yang ditetapkan.