Pengaruh Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Sekolah Efektif

Authors

  • Mita Ristya Pratiwi SMK Negeri 1 Kedungwuni, Indonesia
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1320

Abstract

Sekolah dapat dikatakan efektif apabila terdapat kesesuaian dan ketepatan antara tujuan dan pencapaiannya. Pengoptmalan sekolah efektif membutuhkan iklim sekolah yang kondusif dan peningkatan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 303 guru yang tersebar di SMK Negeri Se Kabupaten Pekalongan dengan sampel 172 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan iklim sekolah terhadap sekolah efektif sebesar 51,3% namun masih terdapat kekurangan pada dimensi teman sejawat; (2) ada pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap sekolah efektif sebesar 91,8% namun masih terdapat kekurangan pada dimensi menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik; (3) ada pengaruh signifikan pengaruh iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap sekolah efektif di SMK Negeri se Kabupaten Pekalongan  sebesar 64,8% dengan persamaan regresi ? = 5,129 + 0,044X1+0,804 X2. Untuk menciptakan sekolah efektif hendaknya kepala sekolah dapat memberikan pelatihan intensif bagi guru melalui workshop,  mendukung guru dalam mengikuti kegiatan MGMP, memberikan teladan memiliki dan bangga terhadap sekolah, dan memberikan penghargaan kepada guru dan peserta didik yang berprestasi.

Published

2023-02-01

How to Cite

Pratiwi, M. R., Abdullah, G., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Sekolah Efektif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1007-1016. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1320