Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran di SMK Muhammadiyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1322Abstract
Berdasarkan penelitian pendahuluan, proses kegiatan mengelola membelajaran pembelajaran yang diawali dengan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi di SMK Muhammadiyah Talun berjalan seperti biasa tidak terlihat ada yang berbeda. Namun, jika dilihat dari prestasi akademik maupun non-akademik Siswa, untuk itu penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dan mengajukan rumusan masalah “Bagaimanakah sistem informasi Manajemen Pembelajaran Siswa SMK Muhammadiyah Talun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah seluruh guru, Kepala Sekolah, Wakil dan siswa SMK Muhammadiyah Talun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan teknik analisis kulalitatif, dengan langkah-langkah: mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem informaasi Manajemen Pembelajaran di SMK Muhammadiyah Talun berjalan melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan dengan kriteria baik oleh guru dan semua warga sekolah. Namun, berdasarkan hasil analisis data, terungkap temuan-temuan penelitian yang memberikan jawaban dari rumusan masalah penelitian ini.