Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1332Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan; (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap mutu pembelajaran SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan; (3) mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Korwil 02 Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 328 orang, sampel sebanyak 180 guru yang ditetapkan dengan teknik proportional random sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisis diskriptif, uji prasyarat, analisis regresi tunggal dan analisis regresi ganda yang dihitung menggunakan program SPSS for Windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan supervise kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran sebesar 36,7%. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh positif antara supervise kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran yang dinyatakan dengan persamaan Y=65,051-0,852X1. (2) ada pengaruh signifikan motivasi kerja guru terhadap mutu pembelajaran sebesar 45,9%. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh positif antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y=54,666-0,850X2. (3) ada pengaruh signifikan supervise kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran SMP Negeri di Kabupaten Pekalongan sebesar 50,3% dengan persamaan regresi Y=36,522+0,617X1+0,394X2.