Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMA Terpadu Riyadlul Ulum)

Authors

  • Iwan Asmadi Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Romdah Romansyah Universitas Galuh, Indonesia
  • Mahmud Farid Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Aa Aman Abdur Rahman M. Ilyas Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Muhammad Habaib Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1372

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan mutu Pendidikan di SMA Terpadu Riyadlul Ulum, Tasikmalaya. Supervisi akademik merupakan tindakan yang dilakukan seseorang yang memiliki kualifikasi seperti kepala sekolah terhadap guru dalam bentuk pelayanan dan bantuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru dengan cara melakukan bimbingan dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, sampai melakukan refleksi agar tercapai tujuan yang ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisa yang digunakan untuk mendeskripsikan keadaan dari penelitian ini adalah dengan triangulasi data yaitu pendekatan Analisa data yang mensitesa data dari berbagai sumber. Melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan mutu Pendidikan menunjukkan telah terlaksana dengan baik. Dengan membuat program supervisi, perencananaan supervise, pelaksanaan supervise, evaluasi dan tindak lanjut hasil supervisi akademik kepala sekolah.

Published

2023-02-01

How to Cite

Asmadi, I., Romansyah, R., Farid, M., Ilyas, A. A. A. R. M., Habaib, M., & Yoseptry, R. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMA Terpadu Riyadlul Ulum). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 819-825. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1372