Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang)

Authors

  • Sri Apriatni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Novaliyosi Novaliyosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Sukirwan Sukirwan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya yang diimplementasikan untuk mengatasi learning loss akibat bencana Covid-19. Banyak sekolah di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menerapkan kurikulum merdeka melalui sekolah penggerak. Namun di madrasah-madrasah di bawah naungan Kementerian Agama penerapan Kurikulum Merdeka tidak seintensif di sekolah umum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (studi dilakukan di MAN 2 Kota Serang). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif terhadap guru, kepala madrasah dan wakil kepala bidang kurikulum di MAN 2 Kota Serang sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan wawancara. Hasil temuan menunjukkan bahwa kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kota Serang berada dalam kriteria cukup, yang dideskripsikan dalam tiga aspek kesiapan yaitu : (1) kesiapan pada perencanaan pembelajaran berada dalam kriteria cukup; (2) kesiapan pada proses pembelajaran berada dalam kriteria cukup; serta (3) kesiapan pada proses penilaian berada dalam kategori kurang.

Published

2023-01-04

How to Cite

Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H. ., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 435-446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399