Nurul Wahyuni (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII-ATPH SMKN 1 Woja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XII- ATPH SMKN 1 Woja Semester I Tahun Pelajaran 2014-2015 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah yang dihadapi selama pembelajaran PKn dapat diatasi setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas dan prestasi belajar siswa persiklus. Perolehan Skor rerata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 11,16 secara kuantitatif meningkat pada siklus II menjadi 16,38. Sehingga secara kualitatif aktivitas belajar siswa meningkat dari cukup aktif menjadi aktif pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada prestasi belajar siswa, yaitu skor rerata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67,88 meningkat menjadi 74,69 pada siklus II. Demikian pula daya serap pada siklus I sebesar 67,88% meningkat menjadi 74,69% pada siklus II dan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 81,25% meningkat menjadi 90,63% pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa skor rerata aktivitas belajar siswa, skor rerata prestasi belajar siswa, daya serap dan persentase ketuntasan telah mencapai
kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya yakni untuk aktivitas belajar siswa minimal tergolong cukup aktif, rerata kelas -turut minimal 68,00; 68% dan 85% serta tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe STAD minimal tergolong cukup positif. Sedangkan hasil analisis data tanggapan siswa terhadap metode kooperatif tipe STAD, mencapai rerata skor 38,78 secara kualitatif tergolong positif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.