Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Kepramukaan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik SMPN 40 Kota Padang

Authors

  • Sophia Paramita Annora Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nadilla Permata Sari Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mukti Ali Andra Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Miya Lasmi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1421

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan melatar belakangi tentang keaktifan berorganisasi kepramukaan peserta didik SMPN 40 Kota Padang berada pada kategori rendah dan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik yang diperoleh. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan dan hubungan keaktifan berorganisasi kepramukaan dengan prestasi belajar peserta didik SMPN 40 Kota Padang. Sehinggan dalam penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 peserta didik SMPN 40 Kota Padang, dengan menggunakan teknik pengumpulan data random sampling. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner tentang keaktifan berorganisasi kepramukaan yang terdiri dari 17 pertanyaan serta data tentang prestasi belajar peserta didik SMPN 40 Kota Padang. Dalam penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keaktifan berorganisasi kepramukaan dengan prestasi belajar peserta didik SMPN 40 Kota Padang dikategorikan rendah, karena dapat dilihat dari hasil kuesioner sebanyak peserta didik merespon (48,50%) jarang dan tidak pernah (25,40%). Sedangkan dilihat dari prestasi belajar peserta didik sebanyak (36,7%) pada kategori rendah dan sangat rendah sebanyak (10%). Hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan korelasi dengan menggunakan rumus produk momen yang menunjukan hasil bahwa rhitung (0,548) lebih besar dari rtabel pada taraf kepercayaan 95% (0,361) dan rtabel taraf kepercayaan 99% (0,463) Sehingga peneliti mendapatkan hasil yang cukup signifikan. Terdapat hubungan yang cukup signifikan dengan tingat signifikansi 99% sehingga dengan rendahnya keaktifan berorganisasi kepramukaan yang diikuti oleh peserta didik juga dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik SMPN 40 Kota Padang.

Published

2023-06-02

How to Cite

Annora, S. P., Sari, N. P., Andra, M. A., & Lasmi, M. (2023). Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Kepramukaan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik SMPN 40 Kota Padang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4039-4044. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1421