Systematic Literature Review : Literasi Numerasi dalam pembelajaran Matematika, Jenjang, Materi, Model dan Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1448Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa berjalan dan berkembang di sekolah-sekolah, untuk menjawab pertanyaan peneltian terkait terkait jenjang, materi, model, dan media pembelajaran dalam uji kemampuan literasi numerasi yang sudah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dengan langlah-langkah: developing research question (merumuskan pertanyaan penelitian), developing the search strategy (mencari artikel atau literatur yang sesuai dengan tema penelitian), selection criteria (menerapkan kriteria inklusi untuk menyeleksi artikel), evaluation and analyse data (mengevaluasi dan menganalisis data) dan interpreting (melaporkan temuan penelitian). Ditemukan sebanyak 42 artikel dan setelah diseleksi terdapat 30 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan literasi numerasi dapat ditumbuhkan pada jenjang SD dan SMP. Materi yang digunakan dalam kemampuan literasi numerasi antara lain tentang berhitung adsar, pecahan, peluang dan pecahan, tetapi mayoritas studi menggunakan materi ruang lingkung geometri baik dalam jenjang SD maupun SMP. Mayoritas studi menggunakan model pembelajaran Problem Based learning dan model pembelajaran lainnya yang memerlukan Means Ends Analysis dan Problem Solving. Media yang digunaan dominan menggunakan media berbasis software seperti situs web, media lainnya adalah komik, dinding edukasi, dan papan karambol serta kartu. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk bisa meneliti lebih lanjut terkait literasi numerasi pada jenjang SMA baik dari segi materi, model, maupun media.