Strategi Guru dalam Mengatasi Problematika pada Proses Pembelajaran PAI Kurikulum 2013 di SMP Cerdas Murni Tembung

Authors

  • Raudhatul Ma'wa Hasibuan Mahasiswa UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Neliwati Neliwati Dosen UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Nuraisyah Nuraisyah Mahasiswa UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Ibnu Aulaz Mahasiswa UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1449

Abstract

Di SMP Cerdas Murni Tembung, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pendekatan Guru dalam Mengatasi Kendala Proses Pembelajaran pada Kurikulum 2013 PAI. Menggunakan penelitian kualitatif deskripsi dalam penelitian ini. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data merupakan teknik analisis data penelitian. Selain itu, ekstensi, ketekunan, dan triangulasi pengamatan dalam penelitian ini memastikan validitas data. Temuan penelitian ini menunjukkan: Guru PAI di SMP Cerdas Murni Tembung menghadapi sejumlah tantangan selama proses pembelajaran, antara lain (1) menentukan strategi dan metode pembelajaran yang tepat. 2) Siswa kurang fokus dalam belajar dan manajemen waktu. 3) Penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan.

Published

2023-04-01

How to Cite

Hasibuan, R. M., Neliwati, N., Nuraisyah, N., & Aulaz, I. . (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Problematika pada Proses Pembelajaran PAI Kurikulum 2013 di SMP Cerdas Murni Tembung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2376-2382. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1449