Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Seni Budaya SMK Negeri 1 Alas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1465Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis tingkat motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran seni Budaya di SMKN 1 Alas; 2) Untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Seni Budaya di SMKN 1 Alas; 3) Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran seni Budaya di SMKN 1 Alas. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan metode kuantitatif, dan obyek penelitian adalah siswa kelas X NKPI A dan NKPI B yang terdiri dari 55 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar masih dalam kategori sedang, kadang-kadang termotivasi yang dapat dilihat dari hasil hitung indikator motivasi, (1) Cita-cita/Aspirasi siswa dengan rerata sebesar 2,13 (2) Kemampuan Siswa sebesar 2,35 (3) Kondisi Jasmani dan rohani Siswa. Sebesar 2,13 (4) Kondisi Lingkungkan Kelas. Sebesar 2,29 (5) Unsur-unsur Dinamis Belajar sebesar 2,07 (6) Upaya Guru Membelajarkan Siswa sebesar.2,14. Sedangkan Dari hasil dokumentasi raport siswa, 5 siswa mendapatkan nilai 75-76 dengan presentase 10,9%, 9 siswa mendapatkan nilai 77-78 dengan presentase 16,4%, 14 siswa mendapatkan nilai 79-80 dengan presentase 25,5, 11 siswa mendapatkan nilai 81-82 dengan presentase 20% , 9 siswa mendapatkan nilai 83-84 dengan presentase 16,4%, 4 siswa mendapatkan nilai 85-86 dengan presentase 7,3% dan 2 siswa mendapatkan nilai 87-88 dengan presentase 3,6% dari hasil belajar ini siswa kelas X SMK Negeri Alas pada mata pelajaran Seni Budaya sesuai dengan nilai melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) diatas nilai 75. Dengan rata-rata nilai rapot 80.