Implementasi Model SIUUL dalam Pembelajaran Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Raudhatunnisa

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1476

Abstract

Menurut (udjir & watini, 2022) bahasa adalah sebagai alat komunikasi sosial. Untuk aspek keterampilan berbahasa yang penting adalah keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan mengkomunikasikan informasi melalui bahasa lisan. Seseorang yang memiliki kemampuan bahasa lisan yang baik, maka akan memperoleh keuntungan sosial maupun profesional. Kenyataannya, masih banyak guru yang kurang menganggap perlu dan kurang serius dalam menangani kemampuan berbicara siswa. Keterampilan berbicara dianggap dapat diperlajari secara informal di luar sekolah sehingga tidak perlu memberikan penekanan pada proses pembelajaran di sekolah. Menurut (watini & pd, 4862a) pendidikan taman kanak-kanak yang sering disebut tk merupakan salah satu bentuk paud. Pendidikan anak usia dini yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pembelajaran di taman kanak-kanak (TK) hendak disesuaikan dengan usia anak yang masih suka bemain, kegiatan pembelajaran calistung (baca, tulis berhitung) harus diintegrasikan dalam kegiatan bermain, dalam program eksplorasi. Salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak usia dini adalah pembelajaran berbicara. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru TK. Raudhatunnisa kec. Cikarang utara kab. Bekasi ini mengacu pada teori yang dikemukakan kemmis dan mctaggart. Berdasarkan penelitian dan pengembangan maka model siuul dalam pembelajaran berbicara pada anak usia dini sangat efektif.

Published

2023-04-01

How to Cite

Implementasi Model SIUUL dalam Pembelajaran Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Raudhatunnisa. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2444-2449. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1476