Implementasi Pendidikan Karakter melalui Barang Luqatah pada Siswa Kelas 3 MI Bahrul Ulum Bumiaji Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1482Abstract
Artikel ini membahas tentang bagaimanakah hasil dari pelaksanaannya program pengumpulan barang-barang luqatah pada siswa. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah bagaimanakah startegi serta pelaksanaannya program kotak barang luqatah sehingga akan berdampak positif perkembangan karakter bagi siswa? Pendidikan karakter merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan bagi lembaga pendidikan sebagai. Menyikapi pentingnya pendidikan karakter bagi anak-anak, maka salah satu bentuk usaha sebagai seorang guru adalah dengan mengadakan program kotak barang luqatah di dalam kelas sebagai salah satu bentuk pembiasaan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengambarkan serta menjelaskan objek penelitian dengan semaksimal mungkin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan program kotak barang luqatah mampu memberikan sumbangan terhadap salah satu usaha mengembangkan karakter siswa yakni berupa karakter tanggung jawab dan kejujuran, yang mana tanggung jawab dan kejujuran merupakan dua karakter yang sangat penting dan berpengaruh bagi kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari Dalam pelaksanaan program kotak barang luqatah penting bagi seorang guru untuk memberikan stimulus serta gambaran-gambaran kepada para siswa akan pentingnya untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program kotak barang luqatah sehingga mereka para siswam tidak mengabaikan program tersebut dan melaksanakannya dengan sebaik mungkin, mulai dari mereka yang menemukan barang luqatah dan mereka yang barangnya telah masuk ke kotak barang luqatah.