Bagaimana Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Berbasis Lesson Study?
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1491Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran multirepresentasi berbasis lesson study pada mata kuliah program linier. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari langkah persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa prodi pendidikan matematika universitas Madura semester 6. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar angket respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan aktivitas siswa dari 3,16 pada siklus 1, 3,31 pada siklus 2, menjadi 3,67 pada siklus 3. Tes hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 63,2% pada siklus 1, 78,94% pada siklus 2 menjadi 89,47% pada siklus 3. Sehingga disimpulkan pembelajaran multirepresentasi berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matakuliah program linier.