Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum pada Siswa

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada siswa. Ini adalah penelitian pre eksperimental design dengan jenis One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas dengan siswa yang berjumlah 104 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik yakni purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah siswa yang mempunyai kecemasan berkomunikasi didepan umum, siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Siantar sebanyak 10% dari populasi yaitu sebanyak 10 siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Siantar. Analisis data adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, menstabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Ranks. Temuan mengungkapkan penurunan kecemasan berkomunikasi dalam kategori tinggi. Temuan dari layanan bimbingan kelompok secara efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok efektif dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada siswa.

Published

2023-05-01

How to Cite

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum pada Siswa. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3079-3083. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1496