Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory (TeFa) untuk Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Sumbawa Besar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1528Abstract
Implementasi model pembelajaran teaching factory bertujuan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan dengan memberikan pengalaman kerja dan ketrampilan pada siswa. Model pembelajaran teaching factory berbasis unit produksi di SMK bermanfaat juga sebagai tempat menimba pengalaman, melatih dan menanamkan jiwa kewirausahaan para siswa. Penerapan model pembelajaran teaching factory pada siswa kelas XII kompetensi keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Sumbawa Besar dipandang efektif dalam penanaman jiwa kewirausahaan siswa pada tiga indikator yang meliputi motivasi untuk maju, kreativitas & inovatif, serta komitmen. Dalam penelitian ini ketiga indikator ini memiliki tingkat persentase yang cukup tinggi sehingga dapat merepresentasikan tingkat jiwa kewirausahaan yang ada pada diri siswa. Siswa yang memiliki tiga indikator ini akan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dengan mengerahkan segenap kemampuan dan ketrampilan untuk mencapai cita-cita yang diinginkan, penghasilan, harga diri dan masa depan yang gemilang. Hal ini tentunya menggambarkan adanya peningkatan jiwa kewirausahaan para siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Teaching Factory di sekolah, sehingga implementasi model pembelajaran teaching factory dianggap efektif dalam menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa kelas XII kompetensi keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Sumbawa Besar.