Penerapan Model ATIK untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Rismaba Cikarang

Authors

  • Rokhanah Rokhanah Universitas Pancasakti Bekasi, Indonesia
  • Siti Zuhrotul Afifah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Yupitasari Yupitasari Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1534

Abstract

Salah satu kemampuan yang dapat meningkatkan daya imajinasi anak-anak adalah dengan menggambar. Namun pada kenyataannya, kemampuan itu berangsur menghilang saat anak mulai memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi yaitu Sekolah Dasar (SD). Penerapan kali ini bertujuan mengembangkan model ATIK untuk meningkatkan kemampuan menggambar anak-anak usia dini di TK Rismaba Cikarang, Bekasi. Hal ini dikarenakan telah terjadi banyak kegagalan dalam memberikan pembelajaran pada kemampuan menggambar anak usia dini, yang dibuktikan dengan hilangnya kemampuan menggambar anak saat mereka duduk di jenjang Sekolah Dasar (SD). Metode yang dilakukan dalam penerapan kali ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam metode ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi berupa foto terhadap anak usia dini di dalam kelas. Hasil daripada Penerapan model ATIK ini cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan menggambar anak usia dini.

Published

2023-06-01

How to Cite

Rokhanah, R., Afifah, S. Z., Yupitasari, Y., & Watini, S. (2023). Penerapan Model ATIK untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Rismaba Cikarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3807-3812. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1534