Analisis Deskriptif Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Perencanaan Pembelajaran di Princeton International Kindergarten Baotou, Inner Mongolia Cina
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1549Abstract
Kesiapan dan persiapan guru menjadi topik yang menarik dibahas, sehingga suatu pembelajaran dapat berhasil menstimulasi anak untuk mencapai tujuan belajar. Pendekatan penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Princeton International Kindergarten. Sekolah ini terletak di distrik QingShan kota Baotou Provinsi Inner Mongolia, Cina. Observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran untuk mengetahui penguasaan materi, ruang, serta gerak guru pada saat memberikan stimulasi atau arahan pada anak menemukan bahwa guru kadang keliru dalam proses tersebut, sehingga tujuan serta capaian yang diharapkan tidak terpenuhi, tetapi koordinator yang menjadi pengawas langsung mengintervensi para guru untuk mengingat kembali model pembelajaran yang mereka gunakan yaitu CTL. Dalam wawancarapun diketahui bahwa tidak semua guru mengetahui akan model pembelajaran Contextual Teaching Learning yang mereka gunakan. Namun dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen sekolah yang baik, serta kerja sama membuat pelaksanaan model pembelajaran kontekstual ini dapat terlaksana dengan baik.