Pengaruh Kolaborasi Guru, Growth Mindset dan Readiness for Change terhadap Kepemimpinan Guru Sekolah XYZ
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1555Abstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh-pengaruh kolaborasi guru, growth mindset dan readiness for change terhadap kepemimpinan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode sensus, yang merupakan suatu penelitian yang mengambil satu kelompok populasi sebagai sampel secara keseluruhan dan menggunakan kuesioner terstruktur sebagai alat pengumpulan data utama untuk mendapatkan informasi spesifik. Instrumen penelitian berupa kuesioner didistribusikan kepada 43 orang responden yang merupakan para guru yang bekerja di Sekolah XYZ. Pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai metode umum yang dinilai tepat untuk mengestimasi path model yang menggunakan konstruk laten dengan multiple indikator. Temuan penelitian telah menunjukkan bahwa kolaborasi guru, growth mindset dan readiness for change berpengaruh positif terhadap kepemimpinan guru. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting terutama bagi pimpinan sekolah dalam meningkatkan kepemimpinan guru, dimana guru mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan untuk mengembangkan sekolah, meningkatkan kolaborasi guru dan pelatihan berkesinambungan, dan menambahkan unsur kepemimpinan guru dalam evaluasi kinerja guru.