- Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak Usia Dini Didik di TK Fatimah Gramapuri Persada

-

Authors

  • Masriah Masriah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Siti Soleha Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Eva Helena Lamsihar Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1562

Abstract

Rasa percaya diri pada anak mempunyai peranan penting dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri pada anak melalui metode “Bernyanyi Asyik “di TK Fatimah. Populasinya adalah anak kelompok B berjumlah 12 anak. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Bahwa menyanyi lagu Asyik dapat mengembangkan rasa percaya diri anak, mereka dapat melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman dalam hal apapun diawali dan diakhiri dengan menyanyikan lagu “ASYIK” dari pengamatan peneliti disimpulkan bahwa “Bernyanyi ASYIK” sebelum dan sesudah kegiatan sangat efektif, karena membuat anak lebih senang dan bersemangat. Sehingga muncul rasa percaya diri.

Published

2023-06-02

How to Cite

Masriah, M., Annisa, A., Soleha, S., Lamsihar, E. H., & Watini, S. (2023). - Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Anak Usia Dini Didik di TK Fatimah Gramapuri Persada: -. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3962-3966. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1562