Strategi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra di Kampus Vokasi UNRAM PDD Bima
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1564Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui planning, organizing, actualling, controlling humas dalam membangun citra Vokasi UNRAM PDD Bima (2) untuk mengetahui strategi inovasi humas dalam membangun citra di Vokasi UNRAM PDD Bima (3) untuk mengetahui Citra Vokasi di Masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) bahwa pengembangan pencitraan yang ada di Vokasi keseluruhannya menggunakan azas-azas manajemen baik itu dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolannya dalam mencapai sebuah tujuan lembaga perguruan tinggi khususnya dalam membangun pencitraan kampus vokasi yang sedang berkembang pada masa sekarang ini, (2) dalam strategi inovasi humas itu diperlukan seorang pengendali dalam pelaksanaan kegiatan yaitu Pemimpin dengan menggunakan tiga langkah strategi: adanya brand (merek), posisi, keunggulan kampus dan keunikannya, serta pemimpin harus dapat memahamkan tentang citra vokasi kepublik, memahamkan diri dengan keadaan dalam membaca kondisi lingkungan, menentukan suatu sasaran yang akan dicapai salah satunya dengan mengunakan sistem komunikasi yang baik antara komunikator dan komunikannya, (3) citra vokasi baik di masyarakat, bisa dilihat melalui komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan serta pelayanan yang baik terhadap masyarakat dalam memberikan segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara menyeluruh bagi mereka yang bertanya tentang Vokasi, kemudian dilihat dari prestasi kampus dan akademiknya, sarana prasarana serta kerja sama atau MOU kepada lembaga perguruan tinggi ataupun instansi lembaga lainnya.