Tinjauan Kritis Model Pembelajaran Montessori dalam Pengembangan Kemandirian Anak

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi model pembelajaran Montessori dalam pengembangan karakter anak usia dini khususnya kemandirian anak.  Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang berusaha menggali aspek-aspek penting pemikiran Montessori yang dapat menjelaskan pengembangan karakter mandiri pada anak dan membandingkan pemikiran Montessori dengan pemikiran beberapa tokoh pendidikan anak usia dini yaitu: Jean Piaget, Lev Vygotsky, Reggio Emilia (Loris Mallaguzzi) dan Ki Hajar Dewantara. Dari penulusaran pustaka diketahui bahwa model Montessori yang berorientasi pada anak telah menginspirasi teori pendidikan anak usia dini yang dikembangkan oleh Jean Piaget, Lev Vygotsky, Reggio Emilia (Loris Mallaguzzi) dan Ki Hajar Dewantara. Montessori memelopori model perkembangan yang bijaksana, berurutan, memberi kebebasan anak memilih dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, untuk membangun dan mengembangkan kemandiriannya. Sebagaimana model pembelajaran lainnya, model Montessori memiliki pro dan kontra dalam penerapannya, namun dari penelitian ini diketahui model bahwa penerapan metode pembelajaran Montessori yang menekankan pada tiga hal, yaitu pendidikan sendiri (pedosentris), masa peka, dan kebebasan dapat dijadikan alternatif untuk mengembangkan kemandirian pada anak.

Published

2023-06-02

How to Cite

Tinjauan Kritis Model Pembelajaran Montessori dalam Pengembangan Kemandirian Anak. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4033-4038. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1577