Implementasi Metode Wafa dengan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Mujahidin Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1589

Abstract

Untuk menjadikan seorang siswa/siswi ber akhlakul karimah kita harus menanamkan di dalam diri mereka Al-Qur’an adalah sebagai pedoman hidup, menghafal Al-Qur’an menjadi salah satu kita untuk mendapatkan hadiah yang terbaik dari Allah di surga kelak, untuk menghafal Al-Qur’an diharapkan untuk bisa dan terbiasa dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan tidak merasakan bosan agar bisa menjadi seorang penghafal, untuk metode penelitian kali ini berfokus kepada penelitian kualitatif dengan observasi lapangan, dalam sekolah SMP Mujahidin Surabaya murid harus menghafal minimal 2 atau 3 juz untuk syarat kelulusan, di sana juga jika sudah mencapai target maka akan mendapatkan sebuah reward yang akan disampaikan ke orangtua murid, metode wafa adalah satu satunya metode yang mereka gunakan untuk menggerakkan siswa agar bisa menghafal menggunakan stimulasi otak kanannya. Selain menggunakan metode pembelajaran yang mengasyikkan SMP Mujahidin Surabaya menyajikan reward untuk anak didiknya yang bisa mencapai target hafalan.

Published

2023-04-01

How to Cite

Implementasi Metode Wafa dengan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Mujahidin Surabaya. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2292-2299. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1589