Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA NU Lemahabang dengan Menggunakan Teknik Self Intruction dan Self Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1590Abstract
Stres akademik merupakan respon siswa terhadap berbagai tuntutan akademik yang siswa harus belajar mengenai hal biologis, psikologis, dan sosial yang melebihi batas kemampuan yang ditandai dengan reaksi fisik, emosional, mental dan perilaku. Salah satu teknik untuk membantu siswa dalam mengurangi stres akademik adalah teknik konseling 'instruksi diri' dan self-efficacy. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui teknik self instruction dapat mengurangi stres akademik, (2) Untuk mengetahui teknik self efficacy dapat mengurangi stres akademik. Metode Penelitian yang digunakan adalah pnelitian kualitatif. Dilakukan survey pada siswa dan guru di SMA NU Lemahabang. Pada penelitian ini kedua teknik ini memiliki peran penting pada stres akademik siswa SMA. Hasil dari penelitian ini adalah dimana Teknik self-instruction memiliki pengaruh efektivitas yang penting bagi siswa dan ditunjukkan dengan baik pada prilaku dan pemikiran siswa. Teknik ini bisa digunakan sebagai komponen dalam sebuah strategi untuk menghilangkan stres akademik. Setelah siswa memiliki kesadaran untuk memperbaiki diri karena masalah yang mereka hadapi dan berdampak negatif. Guru akan mengajarkan siswa bagaimana mereka berpikir, merasa, dan bertindak, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi orang lain melalui pendekatan diri. Sedangkan teknik self-efficacy yang menggunakan teknik permodelan dapat membuat efikasi diri semakin meningkat. Dan siswa akan menjadi lebih terampil serta berfikir positif pada setiap tindakan yang akan diambil.