Pengaruh Jejaring Tata Kelola Pemerintahan dalam Meningkatkan Efektifitas Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Sumbawa Barat

Authors

  • Irfandi Irfandi Magister Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia
  • Dedy Heriwibowo Magister Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia
  • Reza Muhammad Rizqi Magister Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1629

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh jaringan tata kelola dalam meningkatkan efektifitas penyusunan LPPD di Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang mengolah data berdasarkan sampel dari suatu populasi yang kemudian akan dianalisis dengan menggunakan metode statistik tertentu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para kasubbag pengembangan program atau perangkat yang menangani LPPD, perencana, tim penyusun LPPD kabupaten sebanyak 60 responden. Uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yang dikenal dengan Partial Least Square (PLS). PLS merupakan persamaan yang termasuk dalam bidang Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan variabel manajemen permainan indikator yang mempengaruhi efektivitas penyusunan LPPD adalah komitmen pimpinan terkait keterlibatan ketua OPD dalam pemenuhan data (KP4), indikator koordinasi dan indikator team building. Sedangkan variabel indikator penataan jaringan dalam jaringan pemerintahan yang meliputi penjangkauan, sekretariat bersama dan dukungan anggaran berpengaruh terhadap efektifitas penyusunan LPPD di Kabupaten Sumbawa Barat.

Published

2023-02-01

How to Cite

Irfandi, I., Heriwibowo, D., & Rizqi, R. M. (2023). Pengaruh Jejaring Tata Kelola Pemerintahan dalam Meningkatkan Efektifitas Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 976-984. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1629