Analisis Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Uung Gondo Saputro Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Herawati Susilo Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ratna Ekawati Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat yang mempermudah kegiatan manusia tetapi menimbulkan berbagai masalah baru. Stres, kecemasan, depresi merupakan dampak secara tidak langsung dari perkembangan teknologi. Hal itu juga terjadi di lingkungan Pendidikan yaitu sekolah, tidak sedikit siswa yang mengalami permasalahan tersebut disekolahnya. Salah satu pendekatan untuk mengatasi stress, kecemasan, depresi adalah mindfulness. Banyak penelitian yang membahas tentang mindfulness dalam mengatasi stres siswa tetapi sangat sedikit yang membahas tentang peran atau penerapan mindfulness dalam Pendidikan. Penelitian ini untuk bertujuann untuk mendeskripsikan penerapan mindfulness dalam pembelajaran sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif yaitu melakukan pengamatan terhadap subjek dan dan objek penelitian sesuai fakta yang terdapat di lapangan. Metode data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan mindfulness sudah diterapkan di sekolah dasar swasta dan di dalam sekolah dasar negeri baru diterapkan oleh sekolah yang memiliki guru penggerak dalam pembelajaran.

Published

2023-02-02

How to Cite

Saputro, U. G., Susilo, H., & Ekawati, R. (2023). Analisis Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1214-1219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630