Peran Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua dalam Memahami Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Nur Aisyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Suyadi Suyadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1637

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peran kepala sekolah, guru serta orang tua dalam memahami sosial emosional anak usia dini di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara secara langsung. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis interaktof model yakni pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari kepala sekolah, Guru serta orang tua menjadi penting bagi pertumbuhan serta sosial emosinal anak. Kerjasama antara guru, orang tua penting dalam pertumbuhan sosial emosional anak usia dini. Guru sebagai tenaga pendidik dalam menjalankan fungsi pendidikan dilihat sebagai totalitas yang satu sama lain secara sinergi memberikan sumbangan terhadap proses pendidikan pada tempat dimana mereka memberikan pelayanan.

Published

2023-02-02

How to Cite

Aisyah, S. N., Suyadi, S., & Suharti, S. (2023). Peran Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua dalam Memahami Sosial Emosional Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1152-1157. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1637