Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Model Pembelajaran melalui Supervisi Akademik di Guru Binaan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1641Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang membahas tetang upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan model pembelajaran melalui suvervisi akademik di guru binaan kecamatan Dawuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan analisis deskriftif komparatif, yang membandingkan kondisi awal dengan hasil siklus I Teknik suvervisi klinis dan siklus II dengan Teknik percakapan pribadi. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. Berdasarakan diperoleh kesimpulan bahwa suvervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran dari Guru PAI kelas IV pra siklus persentasi kemampuan 1,83; siklus I 2,55 dan siklus II naik menjadi 3,67. Guru PAI Kelas V Prasiklus persentase kemampuan pembelajaran 2,00, Siklus I 2,67 dan siklus II naik menjadi 3,67. Guru PAI Kelas VI Prasiklus persetase kemampuan guru menggunakan metode pembelajaran Prasiklus 1,83, Siklus I 2,67 dan siklus II naik menjadi 3,50. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa suvervisi dapat membatu guru-guru PAI dalam meningkatakan kemampuannya dalam melakukan pembelajaran.