Faktor Anteseden Niat Perubahan Perilaku Masyarakat

Authors

  • Nonie Magdalena Fakultas Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Indonesia
  • Rully Arlan Tjahyadi Fakultas Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Indonesia
  • Keven C. Fakultas Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1642

Abstract

Kolaborasi para pelaku perubahan sangat memainkan peran penting dalam membentuk perubahan masyarakat. Theory Planned Behavior (TPB) digunakan sebagai dasar pengembangan model penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor anteseden yang berpengaruh pada niat perubahan perilaku masyarakat. 526 orang masyarakat Indonesia usia produktif yang pernah mengetahui kampanye pemasaran sosial 5M menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner tertutup dan pengolahan data menggunakan regresi multivariate dengan pendekatan model jalur. Hasil penelitian menunjukkan faktor kesadaran pribadi, pengetahuan, persepsi pribadi masyarakat, pengetahuan dan pemahaman kampanye pemasaran sosial, serta sikap mengarah krisis memiliki pengaruh lebih besar pada niat perubahan perilaku masyarakat. Namun, sikap mengarah pada krisis tetap memiliki peran sebagai variabel perantara.

Published

2023-02-05

How to Cite

Magdalena, N., Tjahyadi, R. A., & C., K. (2023). Faktor Anteseden Niat Perubahan Perilaku Masyarakat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1304-1310. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1642