Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Siswa

Authors

  • Muhammad Sadri STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Trysanti Kisria Darsih STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Yusrah Yusrah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi media evaluasi pembelajaran berbasis android serta mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Hight Order Thinking Skills (HOTS) siswa sebelum dan sesudah menggunakan media evaluasi pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang kelas XI AKL di SMK Al Ikhlas Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah R&D model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analysis (Analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (implementasi); dan 5) Evaluation (Penilaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini valid yang didasarkan pada hasil validasi ahli media mencapai persentase 83% dalam kategori baik, hasil validasi ahli materi mencapai persentasi 83,82% dalam kategori baik dan hasil validasi ahli pembelajaran mencapai persetase 85% dalam kategori baik. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan layak untuk digunakan. Adapun peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Hight Order Thinking Skills (HOTS) siswa ditunjukkan dari hasil uji T terhadap nilai pretest dan postest. Berdasarkan hasil uji T yang dilakukan dengan menggunakan Uji Pired Samples dengan taraf kebenaran 95% di peroleh hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Hight Order Thinking Skills (HOTS) siswa antara sebelum dan setelah menggunakan media evaluasi pembelajaran berbasis android.

Published

2023-02-01

How to Cite

Sadri, M., Darsih, T. K., & Yusrah, Y. (2023). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1083-1091. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1647