Penguatan Numerasi dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar di Era Digital

Authors

  • Siti Rahmalia Natsir Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Abdul Manaf Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1653

Abstract

Kemendikbud mengemukakan bahwa era digital merupakan zaman dimana informasi mudah didapat. Negara yang tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi maka akan menjadi Negara tertinggal. Melhat kondisi ini ditambah dengan fakta bahwa Indonesia memiliki minat yang rendah dalam hal numerasi, maka pengutan numerasi di sekolah dasar sangat penting. Melalui budaya numerasi di sekolah melatih siswa dapat menyelesaiakan soal HOTS. Dalam proses belajar mengajar matematika, guru perlu membiasakan siswa menyelesaiakan soal pemecahan masalah dengan harapan agar siswa memiliki karakter untuk meghadapai masa yang akan datang. Program penyuluhan ini terkait dengan penguatan numerasi dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa sekolah dasar di era digital di lingkungan sekolah. Dilingkungan sekolah harus tercipya budaya dan suasana numerasi. Dengan adanya budaya numerasi di lingkungan sekolah, diharapkan timbul minat siswa dalam bidang matematika dan tidak ada perasaan cemas dalam menyelesaikan soal HOTS atau pemecahan masalah.

Published

2023-02-06

How to Cite

Natsir, S. R., & Manaf, A. (2023). Penguatan Numerasi dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1352-1357. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1653