Kajian Dampak Sertifikasi Guru dan Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Guru: Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1662Abstract
Pemerintah telah membuat program sertifikasi bagi guru dan dosen. Sertifikasi guru merupakan salah satu cara dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas, kompetensi dan profesionalitas guru. Pemerintah juga telah Investasi dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di sekolah. Kajian literatur ini untuk mengulas keberhasilan serifikasi, dan pembelajaran berbasis TIK dalam meningkatkan kompetensi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam paper ini adalah literatur review yang berfungsi sebagai dasar untuk membahas hasil penelitian tentang sertifikasi dan pengajaran berbasis teknologi informasi terhadap kompetensi guru. Pencarian bahan kajian dari google schoolar dan beberapa data base lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi dan penguasaan TIK oleh guru mampu meningkatkan kompetensinya.