Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Perpangkatan

Authors

  • Saman Saman Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Ahmad Syukur Daming Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1667

Abstract

Metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, populasi juga merupakan sampel penelitian, dengan kata lain teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik penentuan sampel jenuh. Ada pun populasi dan sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah yang diampu oleh peneliti yakni kelas manajemen A1 sebanyak 28 mahasiswa, kelas manajemen B dengan 23 mahasiswa dan kelas bisnis digital dengan 11 mahasiswa. Dengan merujuk kepada teori analisis kesalahan dalam menyelesaikan atau mengerjakan soal matematika oleh Creswel (2008) yang terdiri dari lima ksealahan yakni; (a) kesalahan membaca (Reading error), (b) kesalahan memahami masalah (Comprehension error), c) kesalahan penjabaran (Transformation error), (d) kesalahan proses (Process skill error), dan (e) Kesalahan pegambilan keputusan (Encoding error), maka berdasarkan hasil analisis terhadap jawaban mahasiswa terkait dengan materi eksponen disimpulkan bahwa; (1) semua kesalahan-kesalahan dalam teori Creswel (2008) dialami oleh mahasiswa. Hal ini terlihat dari sampel-sampel jawaban mahasiswa yang telah dianlisis, (2) berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa ditemukan bahwa kebiasaan siswa dalam kehidupan sehari-harinya mempengaruhi hasil belajar mahasiswa tersebut, (3) berdasarkan wawancara dengan mahasiswa juga ditemukan bahwa semangat belajar mahasiswa mempengaruhi pengetahuan matematika, (4) berdasarkan hasil wawancara ditemukan pula bahwa mahasiswa masih ada yang belum sepenuhnya memahami konsep materi ajar yang telah diajarkan.

Published

2023-02-02

How to Cite

Saman, S., & Daming, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Perpangkatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1116-1123. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1667