Pelaksanaan Praktikum pada Masa Menuju New Normal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1676Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan praktikum menuju new normal di SMK. Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan dan kegiatan praktikum yang dilaksanakan oleh peserta didik di Jurusan Teknik Elektronika Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data diperoleh dari kepala jurusan, pendidik, dan peserta didik Jurusan Teknik Elektronika Industri yang melaksanakan praktikum. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan praktikum terdapat temuan penelitian dari segi tujuan pembelajaran, pendidik, peserta didik, materi pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik dan peserta didik untuk melaksanakan praktikum menuju new normal.