Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Khaldun

Authors

  • Tri Era Khoiriyah Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muh. Nur Rochim Maksum Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Mohamad Ali Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1678

Abstract

Kurikulum dan metode pendidikan saling berkaitan, kurikulum yang baik juga ditopang oleh metode pembelajaran yang baik. Hal ini dilakukan supaya pendidikan Islam dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana Ibnu Khaldun terkait konsep kurikum dan metode pendidikan Islam yang bisa dijadikan sebagai rujukan dan pedoman apabila diterapkan pada konteks pendidikan sekarang. Penelitian menggunakan jenis kepustakaan. Sumber data didapatkan dengan membaca karya-karya Ibnu Khaldun sebagai data primer yaitu kitab Muqaddimah dan artikel ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kurikulum Ibnu Khaldun menerapkan konsep keseimbangan. Sedangkan metode pendidikan Islam menekankan metode pembelajaran yang berfariasi, sehingga guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran.

Published

2023-05-01

How to Cite

Khoiriyah, T. E., Maksum, M. N. R., & Ali, M. (2023). Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Khaldun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3288-3293. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1678