Penguatan Pemahaman Matematika dengan Media GeoGebra Classroom Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas 8 SMP/MTs

Authors

  • Alfian Anhar Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Indonesia
  • Adika Setia Brata Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Indonesia
  • Windy Lestari Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1683

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami materi matematika yang bersifat abstrak masih sangat kurang terutama pada materi Tiga Dimensi Bangung Ruang Sisi Datar. Salah satu inovasi yang digunakan adalah memanfaatkan media pembelajaran yang menarik menggunakan Media GeoGebra Classroom sebagai penguatan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Depelopment dengan menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media GeoGebra Classroom. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs/SMP kelas VIII sebanyak 20 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan kuisioner pendapat siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil validasi media dengan validitas rata-rata 4,4 serta memiliki nilai rata-rata kepraktisan media sebesar 4,45 yang termasuk katagori praktis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil tes siswa yang menggunakan media GeoGebra Classroom sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar. Ini berdasarkan uji t-test dari pretest dan posttest menunjukkan nilai p=0,000 (p<0,05) yang artinya rata-rata pretest dan posttest adalah berbeda. Nilai p<0,05 dengan hasil belajar posttest (93,82) lebih baik dari pretest (64,57) sehingga media GeoGebra Classroom dinilai efektif digunakan sebagai sarana belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep belajar siswa MTs/SMP kelas VIII.

Published

2023-02-05

How to Cite

Anhar, A., Brata, A. S., & Lestari, W. (2023). Penguatan Pemahaman Matematika dengan Media GeoGebra Classroom Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas 8 SMP/MTs. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1251-1258. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1683