Pengaruh Dimensi Social Commerce Marketing Mix terhadap Customer Loyalty Pada Produk Thrift di Platform Instagram

Authors

  • Rifqi P. Himawan Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Devy M. Puspitasari Universitas Widyatama, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1685

Abstract

l beli barang bekas atau biasa disebut thrifting semakin berkembang, khususnya di sosial media di Instagram. Hal ini mempermudah konsumen untuk berbelanja secara online. Namun, seiring dengan meningkatnya social commerce juga ikut diiringi peningkatan penipuan di social commerce. Hal ini yang diperkirakan menjadi penyebab mengapa loyalitas konsumen di social commerce menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dimensi social commerce marketing mix terhadap customer loyalty pada produk thrift di platform Instagram. Metode penelitiannya menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis berupa uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, koefeisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa relational capital berpengaruh siginfikan terhadap customer loyalty, social commerce convenience berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty.

Published

2023-02-05

How to Cite

Himawan, R. P., & Puspitasari, D. M. (2023). Pengaruh Dimensi Social Commerce Marketing Mix terhadap Customer Loyalty Pada Produk Thrift di Platform Instagram. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1317-1324. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1685