Model Pembelajaran Berbasis Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1727Abstract
Model pembelajaran berbasis media sosial adalah model pembelajaran yang didesain untuk mengoptimalkan atau memberdayakan sarana pendidikan agar lebih memberi pengaruh positif bagi perkembanagn peserta didik. Tujuan model pembelajaran berbasis sosial media untuk menyelamatkan pengaruh buruk yang muncul dari media sosial kepada peserta didik. Penelitian ini didasarkan dua rumusan masalah, pertama, Seperti apa fenomena anak jika dihadapkan dengan maraknya media sosial? dan kedua, Bagaimaan model pembelajaran yang mampu memberdayakan media sosial yang berpengaruh positif bagi anak. Penelitin ini masuk kategori penelitian kualitatif dengan jenis studi teks yang berjenis phenomenology. Analisis data dilakukan dengan tehnis Analisa Naratif. Hasil penelitian ini dapat dijealskan, pertama, bahwa media sosial bersifat netral, artinya bisa berpengaruh baik dan buruk bagi peserta didik. Realiats sosial menunjukan media sosial lebih banyak berpengaruh buruk bagi peserta didik dan pendidikan. Kedua, untuk mengeleminir penharuh buruk yang muncul dari sosial media, maka perlu disusun desain model pembelajaran berbasis sosial media bernama Model pembelajaran sosial kolaboratif yang lebih menekankan kerjasama (kolaborasi) antara guru dengan pihak lain diluar guru (lembaga pendidikan).