Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asesmen digital berbasis Kahoot yang dapat dijadikan pilihan dan inovasi penerapan asesmen berbasis digital. Selama ini evaluasi pembelajaran terkesan kurang menarik karena masih dilakukan secara konvensional Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan istrumen berupa angket pada penelitian ini. Penulis melakukan penelitian menggunakan asesmen digital berbasis kahoot pada mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket yang diserbakan kepada mahasiswa terdiri atas tiga indikator yaitu, aspek kemudahan penggunaan, kemenarikan sajian, dan kebermanfaatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan asesmen digital Kahoot mendapat respon positif dari mahasiswa dengan skor rata-rata 49,72% yang menjawab kategori sangat setuju, dan 36,74% mahasiswa menjawabn skor 4 kategori setuju, 13,33% mahasiswa menjawab skor 3 dengan kategori cukup setuju dan 1% menjawab skor 2 dengan kategori kurang setuju. Asesmen digital berbasis Kahoot sangat disenangi oleh mahasiswa karena mudah digunakan, menarik dan bermanfaat sebagai sarana evaluasi pembelajaran bagi mahasiswa.

Published

2023-04-04

How to Cite

Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2710-2714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1737