Penerapan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfizul Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1740Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Muhammadiyah 23 Semanggi dan SDIT Ar-Risalah Surakarta; Untuk menemukan dampak penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Muhammadiyah 23 Semanggi dan SDIT Ar Risalah Surakarta; Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Muhammadiyah 23 Semanggi dan SDIT Ar Risalah Surakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kedua sekolah tersebut bahwa pembelajaran dimulai dengan muraja’ah bersama surat-surat yang telah dihafal. Kemudian mulai mentalqinkan ayat-ayat atau potongan ayat kepada anak-anak sampai selesai tiga baris atau lima baris ayat al-Qur’an. Ketika guru mentalqinkan ayat al-Qur’an anak-anak menirukan sampai bacaan anak benar sesuai contoh yang diberikan guru. Setelah diulang-ulang dengan guru, kemudian mereka diminta untuk menghafal sendiri dalam kelas besar atau dibagi menjadi dua kelompok dengan dua guru. Di kelompok kecil itu hasil talqin tadi diulang lagi kemudian baru mereka menghafal dan menyetorkan bacaan mereka kepada gurunya. Dampak implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di kedua sekolah tersebut sangat bagus karena membantu anak-anak dalam menghafal al-Qur’an dengan bacaan yang baik dan benar dengan cara ditalqin. Selain itu bacaan anak-anak juga dapat dikoreksi langsung oleh pengajarnya karena dalam proses talaqqi ada proses setoran secara individu kepada pengajar.