Pengaruh Pressure dan Pemahaman Tri Pantangan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik

Authors

  • Dewi Kusuma Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Finda Meiningtiyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1743

Abstract

Kecurangan akademik merupakan salah satu fenomena yang masih sering terjadi di lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi yang selama ini cukup mencederai dunia akademik hingga merugikan civitas akademika. Perilaku kecurangan akademik adalah tindakan ketidakjujuran dan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa dalam rangka mencapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan akademik. Perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pressure dan pemahaman tri pantangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pressure dan pemahaman tri pantangan terhadap perilaku kecurangan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada responden. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 122 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pressure berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik. (2) Pemahaman tri pantangan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik.

Published

2023-05-05

How to Cite

Wardani, D. K., & Meiningtiyas, F. (2023). Pengaruh Pressure dan Pemahaman Tri Pantangan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3515-3522. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1743